Popular Posts

Menu

RSS

Kumpulan Cerita Mitos


Legenda sungai jernih

    Seorang janda beserta dua anaknya, laki-laki dan perempuan, diundang pesta di suatu desa. Tentu saja kedua anak itu amat senang. Mereka mengenakan pakaian yang paling bagus. Di sana, mereka di jamu dengan makanan dan minuman yang enak-enak. Pesta kenduri itu banyak di hadiri tamu. Selain di ramaikan dengan musik, juga ada pertunjukan randai dan lain-lainnya. Kedua anak itu kemudian meminta izin kepada ibunya untuk melihat keramaian itu.
  “bu, kami ingin melihat randai dan prtenjukan lainnya,” kata mereka kepada ibunya. “boleh, nak, tetapi ingat, jangan pergi jauh-jauh…,”pesan ibunya. Akan tetapi, mereka tidak puas hanya melihat pertunjukan saja. Setelah jemu menonton, mereka pergi ke tempat lain. Dalam kegembiraannya, mereka lupa akan pesan ibunya. Akhirnya, kedua anak itu sampai di sebuah kolam yang amat jerni airnya. Karena hari amat panas, timbullah selera mereka untuk mandi di kolam itu. Tanpa pikir-pikir lagi, mereka segera melepaskan pakaian dan terjun ke dalam air yang sejuk. Mereka berenang-renang kian kemari dengan gembiranya. Mereka tidak ubahnya seperti nikan-ikan.
   Tidak berapa lama, sang ibu teringat akan anak-anaknya.mereak belum juga kembali ketempat pesta itu.mulailah sang ibu bingung.di carinya kesana kemari,tetapi tidak juga bersua.
Hari pun berganti petang,tetapi kedua anak itu belum juga dapat ditemukan.si ibu pulag sendiri sambil menangis sepanjang jalan.ia terus mengenangkan nasib kedua anaknya tersayang.karena lelah,setibanya dirumah ia segera tidur.
Ia bermimpi melihat seorang nenek.nenek itu menghampirinya.nenek itu berkata,anak-anakmu sudah menjadi penghuni kolam.letaknya tidak jauh dari tempat pesta kemarin.jika engakau hendak menjumpai anak-anakmu,lemparkan segenggam nasi kedalam kolam itu.nanti anak-anakmu akan menyambutmu.
Begitu terbangun,si ibu segera mendatangi kolam itu sambil mengambil segenngam nasi.setabanya di tepi kolam itu sambil membawa segenggam nasi.setibanya ditepi kolam,si ibu menebarkan nasi sambil memanggil anak-anaknya.tidak berapa lama kemudian,muncullah dari dalam kolam,dua ekor ikan besar yang sangat indah.melihat kedua ikan yang indah itu,si ibu segera meratapi dan menangisi nasib kedua anaknya.mereka telah menjadi ikan!orang-orang sedesa juga daatang ke kolam itu.mereka mencoba menghibur kesedihan ibu yang malang itu.akan tetapi,usaha mereka sia-sia belaka.si ibu amat sedih hatinya.
Sejak peristiwa itu,air kolam menjadi makin jernih dan berkilau.akhirnya, desa itu bernama desa sungai jernih.desa ini terletak di sebelah utara nagari baso kabupaten agam.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Hot Model Magazine mengatakan...

bagus juga ya

sekali kali mampir ke mari ya
http://cosmx.blogspot.com/

Posting Komentar